Selasa, 27 November 2012

PEMASARAN : MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN - MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA



 MATERI 9 BAB 13

PEMASARAN : MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN - MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA


Apa itu pemasaran?
Pemasaran (marketing) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan, harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional. Evolusi dalam bidang pemasaran meliputi empat era:
Era produksi
Era penjualan
Era konsep pemasaran
a. Orientasi pelanggan
b.  Orientasi jasa
c. Orientasi laba
Era hubungan pelanggan.
Bauran pemasaran
Sebagian besar yang dilakukan orang-orang pemasaran dengan mudah dibagi menjadi empat P untuk memudahkan mereka untuk mengingat dan mengimpletasikannya.empat P tersebut meliputi: (1) produk (product), (2) harga (price), (3) tempat (place), (4) promosi (promotion)
Proses pemasaran
Menentukan peluang
Melakukan penelitian
Mengidentifikasikan pasar sasaran
Desain produk
Pengujian produk
Menentukan nama, merek, desan, dan harga
Memilih sistem distribusi
Merancang program promosional
Membangun hubungan dengan pelanggan
Lingkungan Pemasaran
Dalam lingkungan  pemasaran, pengidentifikasian terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemasaran sangat penting. faktor-faktor tersebut meliputi: (1) faktor global, (2) faktor teknologi, (3) faktor sosiokultural, (4) faktor kompetitif, dan (5) faktor ekonomi.
Dua pasar yang berbeda: Konsumen dan Bisnis ke bisnis
Pasar konsumen
Pasar konsumen (Consumer market) terdiri atas semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi.
Pasar Bisnis ke Bisnis
Pasar bisnis ke bisnis (business to business [B2B] market) terdiri atas semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang kepada ornag lain.
Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
Para peneliti pemasaran menyelidiki perilaku dan proses pikiran konsumen pada setiap tingkat guna menentukan cara terbaik untuk memfasilitasi pertukaran pemasaran. Para peneliti juga mempelajari tentang berbagai pengaruh yang mempengaruhi perilaku konsumen.faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen meliputi hal-hal berikut:
Pembelajaran
Kelompok referensi
Kultur
subkultur
Ketidakcocokan kognitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar