Kamis, 29 November 2012

Menampilkan Perilaku Etis dan Tanggung Jawab Sosial


 Materi 2 bab 4
Disini saya akan mengulas materi ke 2 yaitu Menampilkan Perilaku Etis dan Tanggung Jawab Sosial. Di dalam materi ini dijelaskan bahwa etika dan legalitas itu berbeda. Kalo etika mencerminkan hubungan orang yang sepantasnya dengan satu sama lain, sedangkan legalitas merujuk pada hukum yang telah kita tulis untuk melindungi diri kita dari penipuan, pencurian, dan kekerasan.

Tau nggak si, ternyata ada 3 pertanyaan untuk membantu mengatasi dilema etis loo…

Apakah itu legal?
Apakah hal itu seimbang?
Bagaimana tindakan tersebut mempengaruhi akan mempengaruhi perasaan saya terhadap tindakan saya sendiri?
Tau nggak sih, ternyata sebanyak 89% dari organisasi yang disurvey akhir – akhir ini mempunyai kode etika tertulis. Kode etika itu bervariasi tapi ada dua lo yang menjadi kategori utamanya. Yang pertama adalah kode etika berbasis kepatuhan dan kode etika berbasis integritas.

Suatu korporat itu memiliki tingkat pertanggung jawaban sosial perusahaan yang meliputi:

1. Tanggung jawab sosial, hal ini didasarkan pada komitmen korporat terhadap prinsip – prinsip dasar, seperti integritas, keadilan, dan rasa hormat.Beberapa kinerja sosial sebuah perusahaan memiliki beberapa dimensi, kira – kira apa ya?

jawabannya adalah filantropi korporat (meliputi sumbangan amal), inisiatif sosial korporat (berkaitan dengan kompetisi perusahaan), tanggung jawab korporat (meliputi semua hal korporat), dan kebijakan korporat (isu sosial dan politik).

2. Tanggung jawab terhadap pelanggan, dalam bisnis bersikap jujur adalah salah satu cara menyenangkan pelanggan.

3. Tanggung jawab terhadap investor,

4. Tanggung jawab terhadap karyawan, perusahaan mempunyai tanggung jawab untuk menciptakan lapangan pekerjaan namun tidak hanya itu saja, perusahaan juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kerja keras dan bakat dihargai secara adil.

5. Tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan, dalam masyarakat bertanggung jawab untuk menciptakan kemakmuran baru, meningkatkan keadilan sosial, bisnis juga membantu membuat lingkungan masyarakat menjadi tempat yang lebih baik.

Tau nggak sih ternyata yang namanya audit sosial itu tugasnya mengevaluasi sistematis dari kemajuan organisasi menuju penerapan program yang bertanggung jawab responsif secara sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar