Kamis, 29 November 2012

Kewirausahaan dan memulai bisnis kecil


Materi 4 bab 6
Dalam bab ini nanti kita bakal membahas banyak hal tentang kewirausahaan dan tentang bisnis kecil. Ada baiknya yang mau buka usaha kecil dibaca dulu artikelnya, hitung – hitung menambah pengetahuan

Apa sih kewirausahaan itu? kewirausahaan adalah menerima resiko untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Tau nggak banyak orang bersedia mengambil resiko berwirausaha itu karena untuk memperoleh kesempatan, keuntungan (laba), kemerdekaan dan tantangan.

Sebagai wirausahawan kita juga membutuhkan ciri – ciri seorang wirausaha yaitu: memerintah diri dan mendisiplinkan diri, memelihara diri, berorientasi tindakan, penuh semangat dan toleran terhadap ketidakpastian.

Kewiraswastaan dibagi menjadi 4, yaitu:

Tim wirausaha: sekelompok orang berpengalaman dari berbagai area bisnis yang bergabung bersama untuk membentuk sebuah tim manajerial baru dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan, membuat dan memasarkan sebuah produk baru.
Wirausahawan mikro: wirausahawan yang bersedia untuk menanggung resiko untuk memulai dan mengelola jenis bisnis yang tetap kecil, memungkinkan mereka untuk melakukan pekerjaan yang mereka ingin lakukan dan menawarkan kepada mereka gaya hidup yang seimbang. Seperti, penulis, konsultan, produser video klip, arsitek, pemegang pembukuan, pengarang, editor pengembangan, les privat, desain web dll. Alasan bisnis berbasis rumahan tumbuh dengan pesat adalah teknologi, perampingan, pajak,     dan sikap sosial.
Bisnis berbasis web.
Kewirausahaan dalam perusahaan: kewirausahaan dalam perusahaan besar seringkali tercermin dalam upaya dan prestasi pada intrausahawan: orang – orang kreatif yang bekerja sebagai wirausahawan dalam perusahaan.
Pemerintah Amreika Serikat mendukung adanya pertumbuhan kewirausahaan. Yang dapat dilakukan pemerintah untuk mendorong kewirausahaan adalah:

Immigration act yang dikeluarkan oleh kongres pada tahun 1990 dimaksudkan untuk mendorong lebih banyak wirausahawan untuk datang ke Amerika Serikat.
Zona perusahaan: area geografis spesifik dimana pemerintah berusaha menarik investasi bisnis swasta dengan menawarkan pajak yang lebih rendah dan dukungan pemerintah lainnya.
Inkubator: pusat yang menawarkan fasilitas kepada bisnis baru sperti kantor berbiaya rendah dengan layanan bisnis dasar.
Sekarang sampailah pada pembahasan apa sih yang dimaksud dengan bisnis kecil sendiri? Bisnis jenis yang ini dimiliki dan dioperasikan secara independen, tidak dominan dalam bidang pengoperasiannya dan memenuhi standar ukuran tertentu dalam hal jumlah karyawan dan penerimaan tahunan.

Dalam belajar mengenai operasi bisnis kecil kita dapat belajar dari orang lain, mencari pengalaman dan mengambil alih perusahaan yang telah berhasil.

Dan untuk mengelola bisnis kecil dimulai dari merencanakan bisnis, mendanai bisnis, mengenal pelanggan, mengelola karyawan, mencari bantuan atau nasihat, menjaga nama baik dan membuat catatan yang jelas dan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar