Selasa, 27 November 2012

MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA



MATERI 10 BAB 14

MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA

PENGEMBANGAN PRODUK DAN PENAWARAN PRODUK TOTAL
Satu-satunya cara untuk mencegah kerugian adalah dengan merancang dan mempromosikan produk yang lebih baik, berarti produk dianggap mempunyai nilai (value). Nilai adalah kualitas bagus dalam haega yang wajar, saat konsumen menghitung nilai dari satu produk, mereka melihat manfaa-manfaatnya dan lalu menguranginya dengan biaya-biaya untuk melihat apakah manfaatnya melebihi biayanya.
MENGEMBANGKAN PENAWARAN PRODUK TOTAL
Sebuah penawaran produk total terdiriatas segala hal yang dievaluasi konsumen saat memutuskan apakah ia akan membeli suatu barang.
LINI PRODUK DAN BAURAN PRODUK
Lini Produk adalah sekelompok produk yang secara fisik mirip atau ditujukan untuk pasar yang serupa.
Bauran Produk adalah kombinasi dari seluruh lini produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan manufaktur.
DIFERENSIASI PRODUK
Diferensiasi produk adalah penciptaan perbedaan-perbedaan produk, baik yang nyata yang dipersiapkan.
Memasarkan kelas-kelas barang konsumsi dan jasa yang berbeda
Beberapa percobaan telah dilakukan untuk membuat klasifikasi barang konsumsi dan jasa. Salah satu klasifikasi berdasarkan perilaku pembelian konsumen, memiliki empat kategori umum sehari-hari, perbelanjaan, khusus dan tidak terduga:.
1.Barang dan jasa sehari-hari.
Merupakan produk-produk yang sering ingin dibeli konsumen dan dengan usaha yang minimal.
2.Barang dan jasa pembelanjaan.
Merupakan produk-produk yang dibeli konsumen hanya setelah membandingkan nilai, kualitas, harga dan model dari berbagai penjual.
3.Barang dan jasa khusus.
Merupakan produk konsumen dengan karakteristik dan identitas merek unik.
4.Barang dan jasa tidak terduga.
Merupakan produk-produk yang tidak disadari keberadaannya oleh konsumen, tidak terpikir untuk membelinya, atau yang tiba-tiba diperlukan untuk memecahkan satu masalah tidak terduga.
Pemasaran barang dan jasa industri
Barang industry adalah produk-produk yang digunakan untuk memproduksi produk lainnya. Kadang disebut barang bisnis atau barang B23.
KEMASAN MENGUBAH PRODUK
Kemasan harus melakukan fungsi-fungsi sebagai berikut:
1.Melindungi produk didalamnya, mampu bertahan saat dipindahkan dan disimpan, tidak mudah rusak, menghalangi pencurian, sekaligus mudah dibuka dan digunakan.
2.Menarik perhatian pembeli.
3.Menjelaskan isinya dan memberi informasi mengenai isi.
4.Menjelaskan manfaat dari produk dalam kemasan.
5.Menyediakan informasi mengenai jaminan, peringatan dan masalah-masalah konsumen lainnya.
6.Member indikasi harga, nilai dan kegunaan.
MERK DAN EKUITAS MERK
Merk adalah sebuah nama, symbol atau desain yang mengidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan membedakannya dari barang da jasa pesaing.
Merk dagang adaah sebuah merk yang telah diberi perlindungan hokum eksklusif, baik untuk nama merknya maupun untuk rancangan gambarnya.
Nama merek produsen adalah nama merk dari produsen-produsen yang mendistribusikan produknya secara nasional.
Merek diler atau lebel private adalah produk-produk yang tidak menyandang nama produsen, tetapi membawa nama distributor atau peritel.
Barang generic adalah prduk-produk tanpa merk yang biasanya dijual dengan diskon besar dibandingkan merk nasional atau privat.
Merek palsu adalah tirual illegal dari baran-barang merk nasional.
Menciptakan ekuitas dan kesetiaan merek
Tujuan utama dari pemasar dimasa depan adalah menciptakan kembali ekuitas merek.
Ekuitas merek adalah kombinasi factor-faktor seperti kesadaran , kesetiaan, anggapan kualitas, citra dan emosi yang diasosiasikan dengan nama merek tertentu.
Kesetiaan merek adalah tingkatan sampai dimana pelanggan merasa puas, menyukai merek tersebut, dan berkomitmen untuk melakukan pembelian lagi.
Kesadaran merek adalah seberapa cepat atau mudah nama merk tertentu timbul dalam pikiran saat satu kategori produk disebutkan.
Menciptakan asosiasi merek
Asosiasi merek adalah pengaitan dari satu merek terhadap citra-citra yang menguntungkan.
Manajemen produk
Seorang manajer merek memiliki tanggung jab langsung atas satu merek atau satu lini produk.
PROSES PENGEMBANGAN PRODUK BARU
Alasan-alasan kegagalan lainnya adalah positioning yang buruk, tidak cukup banyak perbedaan dengan pesaing, dan kemasan yang buruk.
Pengembangan produk baru bagi para produsen terdiri atas beberapa tahapan:
· Pengumpulan ide.
· Seleksi produk.
· Analisis produk.
· Pengembangan.
· Pengujian.
· Komersialisasi.
Mengumpulkan ide-ide produk baru
Ada nilai tinggi yang bisa didapat dari mendengarkan saran-saran karyawan untuk produk-produk baru.
Seleksi produk adalah sebuah proses yang dirancang untuk mengurangi jumlah ide produk baru yang dikerjakan pada saat yang sama.
Analisis produk adalah pembuatan perkiraan biaya dan ramalan penjualan untuk memperoleh perkiraan tingkat profitabilitas dari ide-ide produk baru.
Pengembangan dan pengujian produk
Pengujian konsep membawa ide produk kepada konsumen untuk menguji reaksi mereka.
Komersialisasi
Ini mencakup (1) mempromosikan produk kepada para distributor dan peritel untuk memperoleh distribusi luas. (2) mengembangkan iklan dan kampanye penjualan yang kuat untuk menimbulkan dan mempertahankan minat pada produk diantara distributor dan konsumen.
DAUR HIDUP PRODUK
Daur hidup produk merupakan sebuah model teoretis dari apa yang terjadi pada penjualan dan laba untuk satu kelas produk seiring berjalannya waktu.
Tahap-tahap daur hidup:
· Pengenalan.
· Pertumbuhan.
· Kedewasaan.
· Penurunan.
HARGA BERSAING
Tujuan penentuan harga:
· Mencapai sasaran pengembalian atas investasi atau laba tertentu.
· Membangun arus lalu lintas produk.
· Mendapatkan pangsa pasar lebih besar.
· Menciptakan suatu citra.
· Mencapai tujuan-tujuan social.

Semoga bermanfaat buat kamu yang pada lihat
"Bersainglah dalam mencari kebahagiaan dan ajaklah orang yang membutuhkan"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar