MATERI8 BAB 10
MEMOTIVASI KARYAWAN DAN MEMBANGUN TIM YANG MANDIRI
Memotivasi karyawan dan membangun tim yang mandiri
MEMOTIVASI KARYAWAN DAN MEMBANGUN TIM YANG MANDIRI PENTINGNYA MOTIVASI
Orang-orang bersedia bekerja dan bekerja keras, apabila mereka merasa bahwa
pekerjaan mereka menghasilkan perbedaan dan dihargai. Orang-orang termotivasi
oleh berbagai hal seperti pengakuan, prestasi, dan status.Penghargaan
interinsik, berupa kepuasan pribadi yang dirasakan ketika bekerja dengan baik
dan mencapai tujuan. Penghargaan eksterinsik, sesuatu yang diberikan oleh orang
lain kepada kita sebagai pengakuan atas pekerjaan yang baik. TEORI MANAJEMEN
FREDERICK TAYLOR The priciples of scientific management di tulis oleh ahli
teknik efisiensi amerika. Tujuan taylor adalah untuk meningkatkan produktivitas
pekerja guna menguntungkan perusahaan dan pekerja. · Manajemen ilmiah,
mempelajari para pekerja untuk menemukan cara-cara efisie untuk melakukan
hal-hal dan kemudian mengajari orang-orang teknik tersebut. · Studi gerakan
waktu, studi yang dimulai oleh frederick taylor, yang tugas nya harus dilakukan
untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan
setiap tugas. · Prinsip ekonomi gerakan, teori yang dikembangkan oleh frank dan
lilian gilbreth bahwa setiap pekerjaan dapat dipecah menjadi serangkaian
gerakan dasar. ELTON MAYO DAN STUDI HAWTHORNE Dilakukan pada tahun 1972 dan
berakhir 6 tahun kemudian. Elton mayo dan kolega-koleganya dari harvard
universty datang ke pabrik hawthorne untuk menguji beberapa point, · Penelitian
pertama, menentukan apakah penerangan berkaitan dengan faktor produktivitas. ·
Penelitian selanjutnya, menentukan apakah faktor lain mempengaruhi faktor
produktivitas. Studi ini mendorong mereka untuk melakukan studi
motivitas.Mereka pun sampa pada beberapa kesimpulan sebagai berikut. 1. Para
pekerja di ruang pengujian menganggap diri mereka sebagai kelompok sosial. 2.
Para pekerja terlibat dalam perencanaan eksperimen. 3. Tidak peduli seperti apa
kondisi fisiknya para pekerja menikmati suasana ruang spesial mereka dan
bayaran tambahan yang mereka dapat untuk produktivitas lebih. MOTIVASI DAN
HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW Psikolog abraham maslow yakin bahwa untuk memahami
motivasi di tempat kerja seseorang harus memahami motivasi manusia oada
umumnya. Baginya motivasi berasal dari kebutuhan. Hierarki kebutuhan maslow,
teri motivasi yang didasarkan pada kebutuhan manusia yang belum terpenuhi dari
kebutuhan fisiologis dasar sampai kebutuhan keamanan,sosial,dan harga diri
sampai kebutuhan aktualisasi diri. Ketika kebutuhan terpenuhi, kebutuhan lain
dengan tingkat yang lebih tinggi muncul dan motivasi orang tersebut untuk
melakukan sesuatu guna memenuhinya. TEORI HERZBERG Herzberg berkata
faktor-faktor yang mempengaruhi paling banyak berada di kadar pekerjaan.
Beberapa faktor menurut studi herzberg tahun 1960 sebagai berikut, 1. Rasa
pencapaian 2.Pengakuan yang didapat 3.Minat dalam pekerjaan itu sendiri
4.Peluang untuk pertumbuhan 5.Peluang untuk kemajuan 6.Pentingnya tanggung
jawab 7.Hubungan kawan sebaya dengan kelompok 8.Bayaran 9.Keadilan penyelia
10.Kebijaksanaan dan peraturan perusahaan 11.Status 12.Keamanan pekerjaan
13.Keramahan penyelia 14. Kodisi pekerja Kesimpulan dari studi herzberg adalah
berupa faktor-faktor tertentu sebagai berikut: Motivator, dalam teori faktor
memotivasi dari herzberg, faktor-faktor pekerjaan yang membuat para karyawan
menjadi produktif dan yang memberi mereka kepuasan. Faktor hygiene, dalam teori
faktor yang memotivasi dari herzberg, faktor-faktor pekerjaan yang dapat
menyebabkan ketidakpuasan apabila tidak ada, tetapi yang tidak selalu
memotivasi para karyawan bila ditingkatkan. Motivator Faktor hygiene
(pemeliharaan) (faktor-faktor ini dapat digunakan untuk memotivasi pekerja)
Pekerjaan itu sendiri Pencapaian Pengakuan Tanggung jawab Pertumbuhan dan
kemajuan (faktor-faktor ini dapat menyebabkan ketidakpuasan, tetapi mengubah
faktor-faktor itu akan memberikan sedikit efek motivasional) Kebijaksanaan dan
administrasi perusahaan Pengawasan Kondisi kerja Hubungan antar perseorangan
(rekan kerja) Gaji,status,dan keamanan pekerjaan TEKNIK MEMOTIVASI BERORIENTASI
PEKERJAAN · Pengayaan pekerjaan o Variasi ketrampilan o Identitas tugas o Arti
tugas o Otonomi o Umpan balik · Penyederhanaan pekerjaan · Perluasan pekerjaan
· Rotasi pekerjaan TEORI X DAN Y MCGREGOR TEORI X-AUTOCRATIC · Orang biasa
tidak menyukai pekerjaan · Menghindari tanggung jawab · Ambisi yang kecil ·
Dipaksa/diarahkan/dikendalikan/diancam · Motivator utama uang dan rasa takut
TEORI Y-DEMOCRATIC · Suka bekerja · Secara natural berusaha mencapai tujuan ·
Mencari penghargaan · Imaginatif, kreatif, pintar · Termotivasi dari
penghargaan TEORI Z OUCHI · Pekerjaan jangka panjang · Pengambilan keputusan
kolektif · Tanggung jawab individual · Evaluasi dan promosi yang lambat ·
Kendali yang informal dan implisit dengan kendali yang formal dan eksplisit ·
Jalan karier yang cukup terspesialisasi · Perhatian holistis terhadap karyawan
(termasuk keluarga) TEORI PENENTUAN TUJUAN Didasarkan pada pemikiran bahwa
penentuan tujuan yang ambisius, tetapi dapat dicapai dapat memotivasi pekerja
dan meningkatkan kinerja apa bila tujuan diterima, disertai dengan umpan balik,
dan difasilitasi dengan kondisi organisasional. Manajemen menurut objektif,
sistem penentuan tujuan dan implementasi yang melibatkan siklus diskusi,
tinjauan, dan evaluasi objektif di antara manajer tingkat puncak dan menengah
penyelia, dan karyawan.TEKNIK MEMOTIVASI BERORIENTASI PEKERJA TEORI HARAPAN
Teori harapan milik victor vroom, menurutnya harapan karyawan dapat
mempengaruhi motvasi suatu individu. Oleh karena itu, jumlah usaha yang
digunakan para karyawan dalam tugas tertentu bergantung pada harapan mereka
akan hasil. Vroom berpendapat bahwa karyawan mangajukan tiga pertanyaan sebeum
mengerahkan upaya maksimumnya. 1. Dapatkah saya menyelesaikan tugas tersebut?
2. Apabila saya dapat menyelesaikannya, apakah penghargaan saya? 3. Apakah
penghargaan tersebut sepadan dengan usahanya? Peneliti david nedler dan edward
lawler mengusulkan bahwa para manajer mengikuti lima langkah untuk meningkatkan
kinerja karyawan. 1. Menentukan penghargaan yang diinginkan karyawan 2.
Menetukan standar kinerja yang diinginkan karyawan 3.Memastikan bahwa standar
kinerja dapat dicapai 4.Menjamin penghargaan terikat dengan kinerja 5.Yakin
bahwa penghargaan dianggap memadai TEORI PENGUATAN Didasarkan pada pemikiran
bahwa penguat positif dan negatif memotivasi seseorang untuk berperilaku dalam
cara-cara tertentu. TEORI KEADILAN Pemikiran bahwa karyawan berusaha untuk
mempertahankan keadilan antara masukan dan hasil bila dibandingkan dengan orang
lain dengan posisi yang sama. MEMBANGUN KERJASAMA TIM MELALUI KOMUNIKASI
TERBUKA · Menciptakan lingkungan yang menghargai arti mendengarkan · Melatih
para supervisor dan manajer untuk mau mendengarkan · Menghilangkan penghalang
untuk komunikasi terbuka · Aktif ikut ambil bagian untuk memfasilitasi
komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar