Selasa, 11 Desember 2012

MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFEKTIF

Promosi merupakan usaha-usaha pemasaran untuk memberi informasi dan mengingatkan orang- orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran/transaksi.
Langkah-langkah dalam sebuah kampanye promosi :
1.    Mengidentifikasi dalam pasar sasaran
2.    Menentukan tujuan-tujuan untuk setiap unsur dari bauran promosi. Tujuan-tujuan ini harus jelas dan terukur
3.    Menentukan suatu anggaran promosi. Proses pembuatan anggaran akan menjelaskan berapa yang dapat dibelanjakan untuk iklan, penjualan pribadi, dan usaha-usaha promosi lainnya
4.    Mengembangkan satu pesan terpadu. Tujuan dari program promosi terpadu adalah untuk memiliki satu pesan yang jelas yang dikomunikasikan melalui iklan, hubungan masyarakat, penjualan, dan usaha-usaha promosi lainnya
5.    Mengimplementasikan rencana. Iklan harus dijadwalkan untuk melengkapi usaha-usaha yang sedang dilakukan hubungan masyarakat dan promosi penjualan.
6.    Evaluasi efektifitas. Pengukuran hasil tergantung pada tujuan yang jelas. Setiap unsur dari bauran promosi harus dievaluasi secara terpisah, dan pengukuran keseluruhan juga harus dilakukan.
Iklan merupakan komuninkasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi dan individu-individu yang dengan satu cara teridentifikasi di dalam pesan
Kelebihan dari media surat kabar pada pemasaran yaitu jangkauan pasar lokal yang bagus, iklan dapat dimuat dengan cepat, penerimaan tinggi dari konsumen, iklan dapat digunting dan di simpan.
Kekurangan dari media surat kabar pada pemasaran yaitu iklan bersaing dengan fitur-fitur lain di surat kabar, warna yang kurang bagus, iklan dibuang bersama korannya.
Promosi interaktif merupakan proses promosi yang memungkinkan para pemasar untuk lebih dari sekedar melakukan monolog, tetapi para penjual membujuk pembeli untuk membeli sesuatu, menjadi melakukan dialog di mana penjual dan pembeli bekerja sama untuk menciptakan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan.
Prospecting merupakan kegiatan meneliti pembeli-pembeli potensial dan memilih siapa saja yang paling mungkin membeli.
Memenuhi kualifikasi artinya,dalam proses penjualan memastikan bahwa orang-orang yang memerlukan suatu produk,punya kewenangan untuk membeli, dan kesediaan untuk mendengarkan pesan penjual.
Prospek adalah seseorang yang mampu membeli sebuah produk, punya kewenangan untuk membeli, dan kesediaan untuk mendengarkan pesan penjual.
Sebuah program hubungan mayarakat yang baik terdiri dari 3 langkah :
1.    Mendengarkan masyarakat. Hubungan masyarakat diawali dengan riset pemasaran yang baik.
2.    Mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur. Bisnis tidak memperoleh pengertian masyarakat dengan cara membombardir mereka dengan propaganda,bisnis memperoleh pemahaman dengan membuat program program dan mempraktikannya sesuai kepentingan masyarakat. Cara terbaik untuk mempelajari keinginan masyarakat adalah sering mendengarkan orang-orang dalam forum yang berbeda,termasuk di internet.
3.    Menginformasikan masyarakat bahwa anda merespon kebutuhan mereka. Kita harus memberi tahu kepada masyarakat mengenai program-program tersebut sehingga mereka tahu bahwa kita bersikap responsif.
Pubilitas merupakan informasi apapun mengenai seorang individu, produk, atau organisasi yang didistribusikan kepada masyarakat melalui media dan tidak dibayar atau dikendalikan oleh pihak penjual.
Promosi penjualan meruakan alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek.
Sampling merupakansuatu alat promosi bagi sebuah perusahaan memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis.
Viral merketing adalah istilah yang kini digunakan untuk menjelaskan apa saja, mulai dari mulai dari membayar orang  untuk mengatakan hal-hal yang positif di internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat dimana konsumen memperoleh komisi untuk mengarahkan teman-temannya ke situs tersebut
BLOG merupakan sebuah buku harian online yang terlihat seperti halaman situs, tetapi lebih mudah untuk dibuat dan diperbarui dengan cara memposting teks, foto-foto, atau link ke situs lainnya.
Push strategi merupakan strategi promosi oleh produsen menggunakan iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan alat-alat promosi lainnya untuk meyakinkan para perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan. 
 
Semoga bisa menambah pengetahuan anda kawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar