Selasa, 11 Desember 2012

MEMAHAMI INFORMASI KEUANGAN DAN AKUNTANSI

  Baca dan pahami ya kawan
 
Informasi Keuangan
Informasi keuangan sangat krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan suatu organisasi. Akuntansi menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengukur kondisi keuangan suatu perusahaan.
Akuntansi
Akuntansi adalah pencatatan, pengklasifikasian, peringkasan, dan penginterpretasian kejadian dan transaksi keuangan yang mempengaruhi suatu organisasi. Metode yang digunakan untuk mencatat dan meringkas data akuntansi ke dalam laporan disebut sistem akuntansi. Profesi akuntansi mencakup lima bidang utama : akuntansi manajerial, akuntansi keuangan, auditing, akuntansi pajak, akuntansi pemerintah dan nirlaba.
Akuntansi manajerial menyediakan informasi dan analisis bagi manajer di dalam perusahaan untuk membantu dan membuat keputusan. Certified Management Accountant (CMA) adalah seorang akuntan yang telah menempuh persyaratan edukasi dan pengalaman tertentu, lulus ujian kualifikasi di bidang tersebut, dan telah disertifikasi oleh institute of Certified Management Accountants.
Akuntansi keuangan menyediakan informasi dan analisis bagi pengguna data eksternal, seperti kreditur dan pemberi pinjaman. Laporan tahunan adalah suatu laporan setiap tahun mengenai kondisi keuangan, kinerja, dan harapan-harapan organisasi. Akuntan swasta adalah seorang akuntan yang bekerja untuk satu perusahaan, agen pemerintah, atau oraganisasi nirlaba tertentu. Akuntan publik adalah seorang akuntan yang menyediakan jasa akuntansi kepada individu atau bisnis atas dasar komisi. Certified Public Accountant (CPA) adalah soerang akuntan yang talah lulus serangkaian ujian yang diselenggarakan oleh American Institute of Certified Public Accountants.
Auditing adalah tugas meninjau ulang dan mengevaluasi catatan yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan suatu perusahaan. Certified Internal Auditor (CIA) adalah seorang akuntan yang memiliki gelar sarjana dan dua tahun pengalaman di auditing internal, dan yang telah lulus suatu ujian yang diselenggarakan oleh Institute of Internal Auditors. Audit Independen adalah suatu evaluasi dan opini yang netral mengenai keakuratan laporan keuangan perusahaan.
Akuntan pajak adalah seorang akuntan yang diberikan pelatihan mengenai hukum pajak dan bertanggung jawab untuk mempersiapkan SPT Pajak atau mengembangkan strategi pajak.
Akuntansi Pemerintahan dan Nirlaba adalah sistem akuntansi bagi organisasi yang tidak berorientasi laba tetapi melayani ratepayers, pembayar pajak, dan lainnya sesuai dengan anggaran dasar yang disetujui.
Siklus Akuntansi
Siklus akuntansi adalah prosedur enam langkah yang timbul di dalam penyusunan dan analisis laporan keuangan utama. Enam langkah siklus akuntansi adalah (1) analisis dokumen; (2) catat informasi ke dalam jurnal; (3) masukkan informasi tersebut ke dalam buku besar; (4) buat neraca saldo; (5) siapkan laporan keuangan (neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas); (6) analisis laporan keuangan. Pembukuan merupakan bagian dari akuntansi dan mencakup bagian teknis dari pencatatan data. Akuntansi juga mencakup pengklasifikasian, peringakasan, penginterpretasian, dan laporan data ke manajemen. Jurnal adalah dokumen akuntansi yang menyimpan data asli. Hal ini berarti jurnal adalah tempat pertama kali transaksi dicatat. Ringkasan hasil masukan jurnal dicatat (diposting) ke dalam buku besar. Buku besar merupakan buku akuntansi khusus yang menyusun transaksi berdasarkan kelompok (akun) yang sejenis.
Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan bagian penting dalam posisi keuangan perusahaan. Neraca menunjukkan posisi keuangan suatu perusahaan pada satu tanggal tertentu. Persamaan akuntansi dasar yang digunakan untuk menyusun neraca adalah Aset = Kewajiban + Ekuitas pemilik. Akun-akun utama dari neraca: Aset merupakan sumber daya ekonomis yang dimiliki perusahaan, seperti gedung dan mesin. Kewajiban adalah jumlah utang perusahaan terhadap pihak lain (misalnya kreditur, pemegang obligasi). Ekuitas pemilik adalah nilai dari kepemilikan perusahaan (aset) dikurangi kewajiban; sehingga ekuitas pemilik sama dengan asset dikurangi kewajiban. Laporan laba rugi manunjukkan pendapatan, biaya, dan beban untuk periode waktu tertentu (misalnya untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2007). Rumusnya adalah Pendapatan – Harga Pokok Penjualan = Laba kotor; laba kotor – Beban Operasional = Laba bersih sebelum pajak; dan Laba bersih sebelum pajak – Pajak = Laba bersih (atau Rugi bersih). Ingat bahwa laporan laba rugi pernah disebut sebagai laporan laba dan rugi. Arus kas adalah selisih antara penerimaan kas (uang masuk) dan pengeluaran kas (uang keluar). Laporan arus kas menunjukkan penerimaan dan pengeluaran kas terkait dengan aktivitas utama perusahaan: operasional, investasi, dan pendanaan.
Rasio Keuangan
Rasio keuangan merupakan bagian penting dalam menganalisis laporan keuangan. Terdapat empat kategori resiko yang utama: rasio likuiditas, ratio pengungkit (utang), ratio profitabilitas (kinerja), dan ratio aktivitas. Manfaat utama dari analisis ratio bagi perusahaan adalah menyediakan informasi bagi perusahaan mengenai posisi keuangannya di area-area penting dibandingkan dengan perusahaan sejenis di industrinya dan kinerja masa lalunya.
 
Semoga anda bisa memahami dan bisa di jadikan bahan untuk belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar